Laman

Jumat, Maret 26, 2010

SEORANG WANITA TUA YANG TIDAK BERBICARA

SEORANG WANITA TUA YANG TIDAK BERBICARA


KECUALI DENGAN AL QURAN



Abdullah bin mubarok rohimahulloh berkata,"aku pernah pergi menunaikan ibadah haji ke baitul haram & juga pernah berziarah kemasjid nabi shollaallohu alaihi wasallam.



ketika berada di sebuah jalan,secara kebetulan aku berada

dikumpulan manusia. kemudian ada seorang yang agak berbeda dg yang lain.ternyata ia adalah seorang wanita tua yang yang mengenakan pakaian&penutup kepala dari kain wol,lalu aku menyapanya,"Assalaamualaikum warohmatulloh wabarokaatuh."

lalu ia menjawab."kpd mereka dikatan salam sebagai ucapan selamat dari tuhan yang maha esa (yasin 58)



lantas aku bertanya kepadanya, 'semoga ALLAH merahmatimu , apa yang kau perbuat ditempat ini???

kemudian ia menjawab "barang siapa dibiarkan sesat oleh ALLAH , maka tidak ada yang mampu memberi petunjuk (al a'raf 186)

oleh karena itu, aku mengetahui bahwa ia sedang tersesat. lalu aku bertanya kepadanya, "engkau hendak pergi kemana???

kemudian ia menjawab"maha suci ALLAH,yang telah memperjalankan hambaNYA (Muhammad)pada malam hari dari masjidil haram ke masjidil aqsa (al isra' 1)



aku mengetahui bahwa ia telah menunaikan ibadah haji, dan sekarang ia ingin menuju ke palestina.

kemudian aku bertanya kepadanya, "sudah berapa lama engkau ditempat ini???

maka ia menjawab "selama 3 malam "(maryam 10)

lalu aku bertanya kepadanya, "aku tidak melihat ada perbekalan bersamamu untuk kau makan"

ia menjawab "dan yang memberi makan dan minum kepadaku (as syura' 79)



aku bertanya, dengan apa kau berwudu???ia menjawab "sedangkan kamu tidak mendapat air,maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik(suci)"(an nisa43)

aku berkata kepadanya,"aku mempunyai makanan apakah engkau hendak makan???

maka ia menjawab,"kemudian sempurnakanlah puasa sampai datang malam"(al baqarah 187)



lantas aku berkata,"ini bukan bulan romadhon."

maka ia menjawab,"dan brangsiapa dg kerelaan hati mengerjakan kbaikan,mka Allnh maha mensyukuri,maha mngetaui." {al baqoroh 158}

maka aku brkata,"sungguh kita dperbolehkan untuk berbuka disaat bpergian"

lantas ia menjawab,"dan puasamu itu lbih baik bagimu jika kamu mngetaui" {al baqoroh 184}



aku bertanya,"mengapa kau tidak berbicara kepadaku sperti aku berbicara kpdamu?"

ia menjawab,"tidak ada suatu kata yg diucapkany melainkan malaikat ada dsisinya malaikat pengawas yg slalu siap mencatat." {Qoof 18}



aku bertanya kpadanya,"siapa sbenarnya drimu?"

ia mjawab,"dan jgnlah kmu mngikuti ssuatu yg tdk kmu ktaui,krna pndengaran,penglihatan&hati nurani,smua itu akan diminta pertanggung jawabanya." {al isro' 36}



aku brkata kpdanya,"sungguh aku telah salah,maafkanlah aku." ia menjawab,"pd hari ini tdk ada cercaan thadapmu,mudah mudahan Alloh mengampunimu." {yusuf 92}

lalu aku brtanya kpadanya,"maukah kau jk aku mengantarkanmu dg untaku ini hingga kau btemu dg kafilahmu?"

mka ia menjawab,"segala yg baik yg kau kerjakan,Alloh mengetauinya." {al baqoroh 197}

akupun merendahkan untaku.



Lalu ia brkata,"katakanlah kpda laki2 yg briman,agar mreka menjaga pandanganya." {an nuur 30}

mka aku menundukkan pandanganku darinya.lantas aku brkata kpadanya,"naiklah." namun ktika ia hendak naik,unta tsb tsentak shingga menyebabkan baju wanita tsb robek.lalu ia brkata,"dan musibah apapun yg menimpa kau adl krna perbuatan tangan mu sendri." {asy syuuro 30}



lalu aku brkata kpadanya,"brsabarlah sjenak,hingga aku mengikatnya dg benar."

ia menjawab,"maka kami mberikan pngertian kpd sulaiman." {al anbiyaa' 79}

lalu stlah aku slesai mengikat unta,aku brkata kpada wanita tsb,"naiklah."

lantas ia pun bkata,"Maha suci Alloh yg tlah menundukkan smua ni bg kmi,pdhal kami sblumy tdk mampu mnguasainya,&ssungguhny kmi akan kmbli kpd Tuhan kmi." {az zukhruf 13-14}



kmudian aku memegang tali unta tsb&mulai brjalan cepat&bteriak.

Mka wnita tsb bkata,"&sderhanakanlah dlm brjalan&lunakkanlah suaramu." {luqman 19}

mka aku bjalan dg prlahan smbl brsenandung dg syair.

Lantas wanta tsb bkata,"mka bacalah pa yg mudah bgimu dr Al Quran."

{al muzzammil 20}

lalu aku mnanggapinya,"sungguh kau tlah dkaruniakan kbaikan yg bnyak."

mka ia mjawab,"&tdk da yg dpt mengambl pelajaran kcuali orang2 yg mpunyai akal sehat."{al baqoroh 269}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar